Tuesday, September 26, 2017

Cina | Materia Medica Homeopathy

Cina sangat terkenal untuk pengobatan cacing kutu pada anak-anak. Sifat yang khas anak yg suka marah. Para pasien (anak-anak) menjadi marah atas hal yg sepele. Tidak ada yang bisa menyenangkan mereka. Mereka sangat sensitif. Hipersensitivitas mereka tidak hanya secara alami tetapi mereka juga mempengaruhi kulit mereka. Pasien tidak membiarkan orang lain mendekati dia atau menyentuhnya. Bahkan sentuhan ringan dengan tangan dapat menjadikan dia sangat marah. Dia ragu-ragu untuk menghadapi orang asing. Seperti pasien kamomil, yang selalu membuat tuntutan aneh, dan ketika permintaan dipenuhi, ia membuangnya. Pasien Cina giginya selalu gemeretuk pada malam hari, yang sering membuat tersentak dan bangun. Ketakutan membuat mereka bangun. Mimpi mereka menakutkan, seperti melihat anjing, setan dan hantu. Mereka berteriak selama tidur dan gemetar saat bangun. anak-anak tidur dengan tangan mendekap lutut.
Para pasien Cina memiliki kilatan aneh di mata. Dia cepat mengenali warna, khususnya kuning. Pupil matanya membesar. Pasien sering pingsan. Ada iritasi konstan di dalam hidung, yang perlu terus-menerus digosok, iritasi itu tidak pernah berakhir. Di sekitar mulut dan bibir, berkembang bintik-bintik bulat kekuningan atau kebiruan. Kejang-kejang adalah karakteristik khusus dari Cina. Tangan dan kaki terasa tegang dan tersentak-sentak. Seperti di Cicuta, leher orang melengkung ke belakang (Opisthotonus). Gejala Cina memburuk setelah mengambil makanan. Pasien merasa sangat lapar. Anak saat minum susu muntah bergumpal. Sifat Cina agak mirip dengan Aethusa. Selain pikiran, panas mempengaruhi perut dan usus, tetapi gejala tersebut mengungkapkan sedikit berbeda di Aethusa. Pada Aethusa, anak muntah susu Segera setelah dia minum dan sembelit, tetapi sebagian besar di Cina, diare atau disentri yang lebih umum. Kotoran bercampur dengan lendir (putih dan lengket). Bila infeksi telah terbentuk, diare tinja menjadi berwarna hijau. Pada pasien Cina sensasi sentuhan dan rasa yang baik ditingkatkan atau berkurang secara signifikan. Dengan kata lain, mereka berada di luar keseimbangan. Sering kali, pasien makan satu hal dan merasakan rasa sesuatu yg lain. Proses menelan makanan, susu atau air menyebabkan suara gemuruh dalam tenggorokan. Gejala ini juga ditemukan pada Cuprum dan Arsenik. Cuprum juga berguna untuk pengobatan cacing kutu. Kotoran pasien Cina berbau busuk seperti Podophylum. Sebuah gejala khas Cina adalah bahwa ketika anak bersandar di perutnya,diare berhenti menunjukkan bahwa tekanan atas menawarkan perut lega. Cina tidak boleh dilupakan dalam pengobatan epilepsi berkembang setelah serangan malaria. Di Cina, ada kekerasan batuk di pagi hari, dan orang dapat mengembangkan kejang tenggorokan karena batuk terus-menerus. Ada rasa sakit dada. Serangan batuk rejan juga terjadi. Pada wanita, selama kehamilan, tiba-tiba berita tak terduga kebahagiaan atau kesedihan dapat mengendapkan sakit kepala atau sakit di perut yang cukup lama. Cina dapat diberikan untuk mengendalikan jenis penderitaan ini. Gejala Cina memperburuk setelah makanan di malam hari dan di cuaca panas. 

Penangkal : Kamper, Capsicum 
Potensi : 30-200

No comments:

Post a Comment

Cocculus | Materia Medica Homeopathy

(India Cockle) Cocculus terkenal untuk perawatan vertigo. Vertigo hasil ketidak-seimbangan cairan pada bagian yang lebih dalam dari telinga ...