Monday, September 25, 2017

Cantharis | Materia Medica Homeopathy

Cantharis adalah lalat yang sangat beracun. Di masa lalu, digunakan pelaut untuk memberikan racunnya untuk pelacur untuk tindakan afrodisiak. Pada masa itu, pelabuhan laut digunakan untuk menjadi pusat kecabulan seksual. Saat ini, penggunaan Cantharis dilarang oleh hukum. Sengatan lalat ini menyebabkan panas yang intens.
Dalam bentuk homoeopati, racunnya dimanfaatkan untuk meredakan rasa yang sangat panas. Lepuh yang tidak begitu besar. Untuk pengobatan kulit melepuh parah, Rhus Tox adalah lebih baik daripada Cantharis. Intens pembakaran juga gejala Rhus Tox. Rhus Tox 1000 diberikan beberapa kali akan memperbaiki nyeri terbakar yang tidak biasa di seluruh tubuh. Dalam kondisi demikian, calendula juga dapat digunakan. Pada Cantharis, pasien tiba-tiba acuh tak acuh kepada lingkungan sekitarnya, penyimpangan pikiran dan hilangnya kesadaran. Pikiran miliknya dipenuhi dengan pikiran-pikiran yang aneh-aneh. Gejala Cannabis Indica menunjuk juga, tetapi titik khas utama adalah bahwa dalam Cannabis Indica, pasien menikmati ilusi sesat nya dan tidak menderita. Sedang pada Cantharis, pasien dalam keadaan gila-gilaan karena kekeruhan pikirannya. Dia tidak tahu apa yang dia lakukan. Dia juga merasa seolah-olah ia kerasukan setan dan berbicara di bawah pengaruh setan. Gejala semacam ini juga terjadi di Cannabis Sativa. Sementara di bawah efek dari racun, pasien kehilangan identitas diri dan merasa dirinya di bawah pengaruh kekuatan asing. Jika gejala ini menjadi permanen, itu adalah karena beberapa masalah mental, Cantharis potensi tinggi mungkin meringankan penyakit. Para pasien Cantharis bersifat agresif dan suka untuk menyiksa orang lain. Dia bisa menjadi sangat marah. Cantharis Potensi tinggi dapat berguna dalam merawat tipe orang sadis yang menunjukkan perilaku seksual agresif.

Pada Cantharis, pasien memiliki rasa takut air. Merefleksi pada permukaan air dapat membuat dia kejang. Dia sangat ekstrem gelisah yang mengarah pada kemarahan. Panas terkait dengan Cantharis sangat mengganggu. Bila dia marah dan mengganas ia akan memiliki kecenderungan untuk membunuh. Bila berbicara cabul dan polos terhadap gadis-gadis muda yang menyerupai Hyoscyamus. Cantharis juga sangat berguna dalam mengobati jenis sakit berat yang menusuk. Sepanjang jalannya saraf, terasa panas dan menyakitkan, terlebih pada wajah (Herpes). Mereka dapat meninggalkan bekas luka jelek yang mendalam. Ketika di mata, pasien dapat menjadi buta atau hal ini dapat menyebabkan hilangnya satu mata. Hal ini sangat penting untuk memulai perawatan segera. Umumnya kombinasi dari Arsenik, Ledum dan Lachesis sangat bermanfaat. Bila ada kegelisahan, Arnica, Lachesis dan Ledum harus diberikan sekaligus. Jika kedua formula tidak bekerja dengan memuaskan, Cantharis harus diberikan tanpa penundaan. Dalam kasus lecet berat Rhus Tox ditemukan akan sangat berguna. Dibandingkan Rhus Tox, kegelisahan di pasien Cantharis sangat intens menyerupai pasien Arsenik. Warna kulit yg melepuh di Cantharis berubahnya cepat dan di sekitarnya jadi gelap dengan tanda-tanda borok akan datang. Dalam situasi ini, harus segera diberikan Cantharis. Kulit pasien Cantharis merasa sangat panas bila di sentuh pelan. Cantharis obat yang sangat baik digunakan untuk mengobati hipotermia karena dingin. Dengan demikian, hal itu mungkin sekali sangat menolong saat pertahanan tubuh memudar. Pasien Cantharis, perut mengalami distensi gas. Ada rasa panas di kerongkongan (esofagus) dan perut, bersama dengan rasa haus parah. Merc Kor adalah obat kronis dari Cantharis. Merc Kor CM cepat meringankan gejala urin intens. Cannabis Sativa CM juga bekerja sangat baik. Natrum Mur 200 atau lainnya potensi tinggi juga dapat berguna. Cantharis adalah obat yang sangat efektif untuk gejala kencing dengan melewati albumin dalam urin. Dengan tidak adanya albumin, urin pada pasien Cantharis bewarna merah gelap. Ada beberapa gejala khusus yang berkaitan dengan menstruasi. Periode yang sering dan dalam jumlah yang berlebihan. Warna darah menstruasi gelap. Setelah melahirkan seorang anak, jika plasenta masih dipertahankan (dalam Secal maupun di Cantharis) maka infeksi rahim dapat mengakibatkan terbentuknya luka borok. Bila infeksi berkelanjutan, hingga rahim jadi kronis dan tetap meradang terus-menerus berhubungan dengan kotoran busuk. Ovarium merasa sakit dan panas. Denyut jantung lemah dan tidak teratur. Pasien Cantharis ada rasa sakit di bagian bawah, gejala semakin sakit dengan disentuh, air dingin dan buang air kecil. 

Penangkal : aconite, Kamper, pulsatilla, Cannabis Sativa 
Potensi : 30 atau sangat tinggi

No comments:

Post a Comment

Cocculus | Materia Medica Homeopathy

(India Cockle) Cocculus terkenal untuk perawatan vertigo. Vertigo hasil ketidak-seimbangan cairan pada bagian yang lebih dalam dari telinga ...