Saturday, September 23, 2017

Apis Mellifica | Materia Medica Homeopathy

(The Honey Bee)
Secara medis, racun lebah digunakan untuk beberapa penyakit. Pada zaman kuno, itu digunakan untuk mengobati akibat gigitan serangga dan sengatan. Apis ini terutama berguna pada penyakit yang disebabkan oleh sengatan lebah madu.

Sakit yang khas dari pasien Apis selalu merasa panas dan serasa menusuk-nusuki. Pada udara dingin rasa sakit berkurang sementara saat cuaca panas jadi buruk. Gejala biasanya dimulai pada sisi kanan kemudian menyebar ke kiri. Kulit terasa sakit dan tidak bisa mentolerir setiap tekanan. Bahkan kena sentuhan kain jadi sangat sakit. Pasien merasa aliran darahnya terasa panas dan sedikit lega di udara terbuka. Apis sangat berguna untuk setiap jenis peradangan dan pembengkakan yang diperparah oleh udara panas. Ini adalah obat terbaik untuk Meningitis. Bila digunakan segera, dapat mencegah menjadi epilepsy, sedangkan jika Meningitis disembuhkan dengan pengobatan konvensional, beberapa komplikasi untuk jangka panjang tetap bertahan, salah satunya adalah epilepsi. Jika kondisi dingin, daripada hangat, memperburuk gejala, harus Apocynum yang digunakan. Pada bagian akhir kehamilan, beberapa wanita sering mengalami kejang (Eklampsia). Persepsi umum adalah bahwa dalam kondisi seperti ini, seorang pasien mendapat bantuan dengan mandi air panas. Namun, jika pasien, dengan konstitusi Apis, mandi air hangat menyebabkan kejang-kejang berat, dan berakibat penyempitan leher rahim, bayi dapat mati di dalam rahim. Jika tidak ditangani segera, si ibu mungkin juga mati. Demikian pula, pada anak-anak kecil, pada temperamen Apis, bisa juga jadi kejang-kejang dengan mandi air panas dan kejang-kejang ini dapat mengakibatkan kematian mereka. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah gejala memburuk dengan kondisi panas atau dingin. Jika kondisi panas gejala memburuk, maka Belladonna 1000 dan Aconite 1000 juga harus ditambahkan ke Apis dan diulang 2 sampai 3 kali dalam waktu 15 menit. Jika kondisi ini diperparah oleh udara dingin, Mag Phos harus diberikan. Apocynum adalah obat yang ideal untuk kondisi dingin dan Apis untuk kondisi panas. Jika seorang anak tidak suka diomongin lalu menendang, hal ini menunjukkan bahwa dia tidak suka panas.

Tanda-tanda yang menonjol pada Apis adalah bahwa daerah yang sakit membengkak dan berdenyut (seperti kena sengatan lebah). Apocynum tidak menunjukkan fitur ini. Kadang-kadang, pada Apis pembengkakan muncul di lapisan luar otak. Biasanya, pasien merasa lebih buruk saat panas dan terasa berdenyut-denyut. Seorang anak muda tidak dapat mengekspresikan dirinya dan tiba-tiba berteriak keras. Dokter harus segera memperhatikan tanda ini dan memberi Apis.
Apis juga mempengaruhi membran selaput jantung, paru-paru dan hati. Dengan kata lain, ia bekerja kebanyakan sebagai penutup daripada organ-organ ini sendiri. Apocynum, seperti Apis, juga akan mempengaruhi sebagai penutup. Kedua obat ini mempengaruhi membran dari sekretorik perut seperti di usus atau ginjal, yang menyaring darah dan memproduksi air seni. Lalu pembengkakan di tubuh terasa lembut bila ditekan. Sedangkan pada Apocynum, bengkak (Edema) dapat jadi agak keras. Pasien Apis dengan penyakit ginjal akan menunjukkan pembengkakan lunak longgar di bawah mata. Jika bersama dengan ini, ginjal meradang, atau ada tanda-tanda memburuk sehingga panas, ini jelas indikasi Apis. Mata yang terkena dampak parah menunjukkan pembengkakan pada kelopak mata dan Conjuctiva, dengan warna cerah kemerahan, rasa sakit yang menusuk di mata dan panas. Seperti seorang pasien tidak dapat membuka mata pada sinar matahari yang cerah. Pada Apis, beberapa tanda dan gejala menampakkan diri di sisi kanan. Mendengar berita buruk atau rasa cemburu atau tidak suka, sisi kanan tubuh dapat lumpuh. Namun, penyakit mata dan tenggorokan dimulai pada sisi kiri dan kemudian berpindah ke sisi kanan (seperti Lachesis). Pada Apis, minum air dingin, bukan air hangat, meredakan ketidaknyamanan tenggorokan. Pada Apis, abdomen (perut) menjadi menggembung oleh angin atau gas, menyebabkan kejang di bawah rusuk di sisi kanan dan kemudian mungkin di sisi kiri juga. Tekanan pada daerah perut dapat mengurangi ketidaknyamanan. Apis menunjukkan efek yang menguntungkan dalam sepuluh hingga lima belas hari, Namun, hal itu dimulai menghilangkan distensi dan kejang perut segera setelah digunakan. Dalam satu atau dua jam, akan berefek baik. Ia bekerja cukup cepat di Meningitis, kecuali terkait dengan Hydrocephalus. Apis akan meringankan pembengkakan membran Meningitis, tetapi penyembuhan Hydrocephalus tidak akan dicapai tanpa Silicea, yang merupakan perawatan yang tepat untuk kondisi ini. Silicea harus dimulai dalam potensi kecil dan kemudian maju terus ke potensi yang sangat tinggi. Dalam distensi abdomen, Apis memberikan bantuan langsung. Namun, dalam beberapa kasus usus kronis bermasalah, itu harus digunakan selama jangka waktu lama. Pada prinsipnya, pada penyakit progresif, pengobatan juga akan efektif secara bertahap, sedangkan, bila tiba-tiba jadi penyakit akut, harus direspon dengan obat-obatan segera. Untuk sakit ginjal, Apis harus digunakan dalam jangka panjang, ini tidak berarti bahwa akan terdapat efek yang menguntungkan untuk selama itu. Jika Apis mulai bekerja pada sakit ginjal, ginjal mulai membentuk urin dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari, yang merupakan indikasi yang jelas, walaupun untuk sembuh benar akan memakan waktu. Dalam situasi seperti itu, potensi harus ditingkatkan lagi secara bertahap dengan interval antara. Cara administrasi ini disebut peningkatan potensi dan dijelaskan secara rinci dalam bab tentang Tuberculinum dan Bacillinum.

Ajudan : Natrum Mur
Antidot : Cantharis, ipecac, Lachesis, Ledum, Natrum Mur
Potensi : 30-200

No comments:

Post a Comment

Cocculus | Materia Medica Homeopathy

(India Cockle) Cocculus terkenal untuk perawatan vertigo. Vertigo hasil ketidak-seimbangan cairan pada bagian yang lebih dalam dari telinga ...